Hotel di sumbawa : kaloka airport hotel

Guided Tour to Moyo Island, Sumbawa

Pernah dengar pulau Moyo?, Pulau Moyo merupakan salah satu destinasi wisata wilayah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau kecil ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah. Pantai dengan air yang biru, pasir putih dan suasana yang tenang menjadi daya tarik utama yang sangat menggoda. Tidak heran jika mendiang Putri Diana pernah berlibur kemari. Petenis terkenal Maria Sharapova juga pernah berkunjung kesini. Pulau terdekat yang menjadi titik keberangkatan ke Pulau Moyo adalah Pulau Sumbawa Besar.

Pulau ini akan memanjakan Anda dengan berbagai keindahan dan keajaiban alam, diantaranya, Air Terjun Mata Jitu, Di air terjun inilah mendiang Putri Diana sempat berendam sembari menikmati kesejukan dan keasrian hutan Pulau Moyo. Warga setempat pun menjulukinya dengan sebutan Queen Waterfall. Air Terjun Mata Jitu memiliki tujuh kolam yang saling berundak. Bentuknya yang unik ini seolah menggambarkan air terjun yang ada dalam cerita peri negeri dongeng.

Airnya yang berwarna hijau muda dan tua menjadi daya tarik utama untuk mengunjunginya. Di sini, kalian bebas berenang dan berendam di kolam khusus yang diperuntukkan untuk aktivitas para wisatawan. Di bagian bibir air terjunnya, kalian bahkan bisa melihat stalaktit dan stalagmit yang telah terbentuk berjuta-juta tahun lalu. Keindahan pantainya juga tidak kalah indah dengan pantai yang ada di Lombok dan Bali. Hampir semuanya memiliki keindahan alam bawah laut yang mempesona, salah satunya Pantai Tanjung Pasir.

Pantai Tanjung Pasir memiliki hamparan pasir putih yang paling luas di antara pantai lainnya. Air lautnya yang jernih, cocok untuk kalian yang sekedar bermain di tepi pantainya atau mencoba berenang  untuk menyaksikan langsung keindahan biota lautnya.

Berlayar 20 menit dari Pantai Tanjung Pasir, kalian bisa menikmati indahnya Pantai Raja Sua. Pantai ini memang tidak terlalu banyak memiliki pasir putih. Area pantainya didominasi oleh hutan dengan padang rumput dan pepohonan tinggi. Namun jangan salah, kejernihan airnya bak cermin yang memancarkan keindahan biota laut. Pantai Raja Sua merupakan salah satu spot favorit untuk snorkeling maupun menyelam. Disini kalian bisa menemukan White Coral yang biasa digunakan untuk perhiasan sekaligus memiliki khasiat untuk kesehatan.

Wisata ke Pulau Moyo memang paling tepat jika dilakukan pada musim kemarau. Selain karena ombaknya yang lebih tenang, kalian juga bisa bersantai di atas gundukan karang dan pasir putih unik bernama Takat Sagele. Kejernihan air laut yang mengelilingi Takat Sagele membuat kalian dengan mudah menemukan ikan-ikan cantik yang berenang di bawah air. Selain itu, kamu bisa menikmati senja syahdu dan tenang di antara luasnya lautan. Hal tersebut tentunya akan jadi pengalaman tak terlupakan yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain.

Tidak hanya itu, kesegaran Air Terjun Diwu Mba’i bagaikan oase di tengah panasnya cuaca Pulau Moyo. Meski undakannya tidak sebanyak Air Terjun Mata Jitu, namun tidak lengkap rasanya berkunjung ke Pulau Moyo tanpa mampir ke sini. Di sekeliling air terjun, kalian akan disuguhi oleh hutan belantara dengan pepohonan berumur puluhan tahun yang tinggi menjulang. Terdapat sebuah ayunan tali tambang yang diikatkan ke salah satu pohon besar di dekat air terjun. Kalian bisa memacu adrenalin dengan berayun dan terjun di bawah air terjun tersebut.

Pantai Poto Jarum, Pantai Poto Jarum memiliki ciri khas dibanding dengan pantai lain di Pulau Moyo. Apalagi kalau bukan karena bebatuan besar yang mudah kamu temui di area bibir pantainya. Pantai ini merupakan salah satu kawasan yang dilindungi sehingga kalian tidak akan menemukan bangunan di sekitarnya. Ombaknya yang tenang dengan air berwarna toska membuat siapapun betah berlama-lama di sini. Keindahan alam bawah lautnya juga menjadi tujuan utama siapa pun yang datang kemari. Pantai ini dapat ditempuh selama kurang lebih 60 menit dengan perahu motor nelayan setempat dari Pantai Tanjung Pasir.

Pantai lainnya di Pulau Moyo yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Brang Sedo. Di pantai ini kalian bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya yang mengagumkan sekaligus bersantai di area pantainya yang cantik. Kemudian ada pantai tropis lengkap dengan jejeran bebatuan di sekitarnya membuat Pantai Ai Manis jadi spot asyik untuk berfoto. Jika berani, kalian bisa mencoba menjelajahi area hutan di dalamnya. Jika beruntung kamu bisa bertemu dengan rusa liar yang menawan dan aneka burung langka yang hinggap di dahan pepohonan.

Meski belum banyak diekspos di sosial media, tapi tempat yang satu ini wajib kalian datangi ketika berkunjung ke Pulau Moyo. Perjalanan menuju Air Terjun Sengalo ini memang tidak mudah. Kamu harus menyisir pantai menuju Desa Sebotok lalu dilanjutkan dengan naik motor dan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Sesekali terdengar cuitan burung yang menambah kealamian tempat ini. Rasanya kamu tidak ingin pulang jika sudah sampai sini.

Untuk info lebih lanjut mengenai paket tour Moyo Island, silahkan hubungi Kaloka Airport Hotel untuk mempermudah perjalanan kalian disini.

Chat with us via Whatsapp